-->

Info Terbaru 2022

Perangkat Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P ) Mata Pelajaran : Al-Qur’An Hadits Kelas X Semester 1 Madrasah Aliyah

Perangkat Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P ) Mata Pelajaran : Al-Qur’An Hadits Kelas X Semester 1  Madrasah Aliyah
Perangkat Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P ) Mata Pelajaran : Al-Qur’An Hadits Kelas X Semester 1  Madrasah Aliyah
PERANGKAT PEMBELAJARAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN :
AL-QUR’AN HADITS
KELAS X SEMESTER 1

MADRASAH ALIYAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                       :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                             :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                           :  X / Ganjil
Alokasi Waktu                              :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
1.         Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

B.       Kompetensi  Dasar
1.1      Menjelaskan pengertian al-Qur’an berdasarkan para ahli

C.       Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menguraikan pengertian al-Qur’an berdasarkan bahasa
§  Menjelaskan pengertian al-Qur'an berdasarkan beberapa pendapat para ahli.
§  Menyimpulkan pengertian al-Qur'an dari beberapa pendapat para ahli.

D.      Materi Pembelajaran :
§  Pengertian al-Qur'an berdasarkan bahasa
§  Pengertian berdasarkan pendapat para ahli:
     Muhammad  Abduh
     Muhammad Khudhari Beik
     Muhammad Ali al-Shabuny
     Shubhi Ash-Shalih.

E.       Metode Pembelajaran
§  Model            :   Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode          : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam acara pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o    Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.
§  Masing-masing kelompok membaca literatur untuk menggali  pendapat para hebat ihwal pengertian al-Qur'an
§  Masing-masing kelompok  mendiskusikan ihwal problem berikut:
     Pengertian al-Qur’an berdasarkan bahasa
     Pengertian al-Qur’an berdasarkan istilah berdasarkan   pendapat para hebat .
     Persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an berdasarkan pendapat para ahli.
     Membuat rumusan dengan bahasa sendiri pengertian al-Qur’an berdasarkan istilah.
§  Masing-masing perwakilan kelompok memberikan hasil diskusi.
§  Guru menawarkan penilaian/pengukuhan pada masing-masing kelompok
§  Tanya jawab ihwal maksud yang terkandung dalam pengertian al-Qur’an
§  Menyimpulkan pengertian al-Qur’an

o    Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru menawarkan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru menawarkan kiprah mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.      Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa.
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an

H.      Penilaian :
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual





Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                       :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                             :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                           :  X / Ganjil
Alokasi Waktu                              :   2 jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
1.         Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

B.       Kompetensi  Dasar
1.2      Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya

C.       Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan pengertian mukjizat menurut  Bahasa dan istilah
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan  bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun hingga pembukuannya.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya

D.      Materi Pembelajaran :
§  Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari:
     Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
     Buki-bukti kesejarahan
§  Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek:
     aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya
     aspek pemberitaan gaibnya
     Aspek isyarat ilmiahnya.

E.       Metode Pembelajaran
§  Model            :   Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode          : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o    Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam acara pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o    Kegiatan Inti
§  Siswa diagi beberapa kelompok.
§  Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman ihwal keautentikan al-Qur’an
§  Memperhatikan tayangan melalui media audio visual ihwal kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti bahan
§  Tanya jawab ihwal pengertian mukjizat.
§  Mendiskusikan masalah   keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
     buki-bukti    kesejarahan
     Bukti kebenaran al-Qur’an.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok

o    Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru menawarkan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru menawarkan kiprah mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.      Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa.
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an

H.      Penilaian :
o    Penilaian  Proses
o    Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual




Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                       :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                             :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                           :  X / Ganjil
Alokasi Waktu                              :   2 jam pelajaran

Download  ( R P P ) MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS KELAS X SEMESTER 1  MADRASAH ALIYAH Selengkapnya Disini  
Advertisement

Iklan Sidebar