Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( Rpp ) PAI Kelas 1 SD Tema 1 Basmalah - Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan referensi rpp untuk bapak dan ibu guru yang sedang mencari warta ini. Berikut selengkapnya :
Demikan warta yang sanggup kami berikan perihal ;'' Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( Rpp ) PAI Kurikulum 2013 Kelas 1 SD Tema 1 Basmalah ''. Semoga bermanfaat dan salam pendidikan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : I / I
Materi Pokok : Aku Cinta Al Quran
Alokasi Waktu : 2 x 4 jam ( 2 x Pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indkator Pencapaian Kompetensi |
1.1 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai mencar ilmu Al-Qur’an | 1.1.1 Memahami bacaan basmalah dengan benar 1.1.2 Mendemonstrasikan bacaan basmalah dengan benar 1.1.3 Membiasakan membaca basmalah setiap memulai belajar Al-Qur’an 1.1.4 Siswa menyimpulkan pentingnya bacaan basmalah |
2.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya | 2.1.1 Menampilkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya |
3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap | 3.1.1 Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya secara lengkap |
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap | 4.1.1 Mengelompokkan huruf-huruf hijaiyah yang berharakat fathah berbunyi “o” dan berbunyi “a” |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tumpuan yang diberikan guru, siswa sanggup melafalkan basmalah dengan benar;
2. Melalui isyarat guru, siswa bisa mendemonstrasikan bacaan basmalah dengan benar.
3. Melalui motivasi dari guru, siswa bisa membiasakan membaca basmalah pada setiap kegiatan
4. Melalui klarifikasi guru siswa bisa menyimpulkan pentingnya bacaan basmlah.
5. Dengan isyarat guru, siswa bisa menampilkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya
6. Dengan pemberian guru, siswa bisa menghafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya
7. Melalui diskusi dan arahan guru, siswa bisa mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya
D. Materi Pembelajaran
Melafalkan bacaan basmalah dengan benar
Menghafalkan bacaan basmalah dengan benar
Melafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya dengan benar
Menghafalkan huruf-huruf hijaiyah beserta harakatnya dengan benar
Contoh aktivitas yang diawali dengan basmalah
Download Selengkapnya Rencana Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( Rpp ) PAI Kurikulum 2013 Kelas 1 SD Tema 1 Basmalah : DISINI
Advertisement